Menggunakan Qemu

Tutorial Menggunakan Qemu


Awalnya saya ingin mencoba install OS baru di komputer lain. Namun karena kekurangan komputer, akhirnya saya bepikir lain. Setelah googling dan membaca majalah komputer, saya menemukan emulator yang bisa jalan di Linux. Kalau dulu, yang saya ketahui hanya VMWare dan qemu. Emulator yang saya gunakan kali ini adalah qemu. Berikut langkah-langkahya :

  1. Dapatkan paket qemu di :

http://www.qemu.org/download.html

Untuk instlasi ini, saya mendownload qemu versi terbaru, dan pendukungnya, antara lain

qemu-0.8.1-i386.tar.gz

kqemu-1.3.0pre7.tar.gz

  1. Setelah mendapatkan paket di atas, pertama kali, ekstrak dulu paket kqemu

# tar -xvzf Desktop/kqemu-1.3.0pre7.tar.gz

# cd kqemu-1.3.0pre7/

# ./configure

# make && make install

kqemu akan membuat module kernel baru yaitu /lib/modules/2.6.11-1.1369_FC4/misc/kqemu.ko dan membuat device /dev/kqemu

  1. Agar kernel memanggil module kqemu

# /sbin/modprobe kqemu major=0

  1. Kemudian, setelah kqemu diintsall, ektrak qemu di /

# tar -xvzf windows/punyarito/filedownload/qemu-0.8.1-i386.tar.gz

hasil ekstraksi, akan meletakkan qemu di direktory /usr

  1. Menggunakan qemu

Setelah tool di atas dibuat sekarang waktu untuk menjalankan qemu

  1. Sebelum menjalankan qemu, kita harus membuat semacam image drive dulu. Tujuan pembuatan image drive ini untuk meletakakkan vile virtual nya.

# dd of=xp.img bs=1024 seek=2500000 count=0

maksud perintah di atas, saya membuat image yang bernama xp.img sebesar 2,5 GB

  1. etelah itu jalankan qemu


# qemu -win2k-hack -boot d -cdrom /dev/cdrom -hda xp.img

  1. Saya mencoba menjalankan instalasi windows XP, dan ternyata berhasil

Qemu bisa menjalankan instalasi WinXp tanpa mempengaruhi proses yang lain.

Menjalan qemu setelah windows terinstall

[rito@asterix ~]$ qemu -win2k-hack -hda xp.img -net nic


Referensi :

  1. kqemu-doc.html

  2. http://www.qemu.org/

  3. http://www.linspireguide.com/hint364



Komentar

Postingan Populer