Menambahkan Disk Pada VMware

Beberapa belakangan terakhir, saya mendapat tugas untuk mengelola banyak virtual server di tempat saya bekerja. Setelah saya lakukan inventarisasi, ternyata server-server yang awalnya berupa server fisik, ternyata banyak juga untuk dipindahkan dan dijadikan virtual server.

Virtualisasi yang saya gunakan adalah VMware. Alasannya sederhana, karena menurut saya instalasinya cukup mudah, selain itu, kita bisa coba versi 60 harinya. Pada akhirnya, tempat saya bekerja akhirnya memutuskan membeli lisensi VMware, karena diliat kebutuhan akan server meningkat, sedangkan anggaran dibatasi (karena krisis finansial, semuanya diusahakan yang versi hematnya).

Mesin yang digunakan untuk virtualisasi berupa server blade. Suaranya sangat lah berisik, mirip pesawat tempur. Apalagi bila dihidupkan pertama kali, alamak, seperti pesawat jet tinggal landas, sangat memekakkan telinga. Tapi, dengan adanya teknologi yang canggih ini, blade , dan virtualisasi, ruangan server yang sempit bisa terlihat luas, karena kebutuhan server jadi berkurang, dan ruang rak pun tidak dijejali banyak kabel. Lumayan pusing juga mengelola dan mengatur kabel LAN yang jumlahnya sudah sangat banyak. Sudah seperti pabrik mie. Serem kan.

Karena dibutuhkan disk yang besar untuk menyimpan guest OS, yaitu sistem virtual yang nantinya akan diletakkan di vmware host, maka saya menyiapkan disk pada storage Area Network. Ukurannya, lumayanlah, sekitar 200 GB. Dan berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Cara menambahkan LUN pada VMWare ESX

1.Untuk menambahkan LUN pada VMWare, kita harus membuat VM kernel terlebih dulu. Tujuannya supaya VMware dapat mengaktifkan fitur Storage Network, dan fitu-fitur yang lain.
Caranya : Configuration -> networking



2.Pilih Add Networking , lalu ikuti wizardnya



3.Pada menu VMWare ESX, masuk ke
Configuration -> Storage Adapter
Pilih yang iSCSI Software adapter, kemudian rescan



4.Setelah rescan, dan pada menu detail, target lun nya ditemukan, langkah selanjutnya adalah add storage
Configuration -> Storage -> Add Storage



5. Setelah ditambahkan



selesai deh ...

Komentar

Postingan Populer